LPM | Universitas Harapan Bangsa

Perpustakaan Universitas Harapan Bangsa Benchmarking ke Perpustakaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Bagikan :

Kamis, 08 Agustus 2024 – Perpustakaan Universitas Harapan Bangsa (UHB) melakukan benchmarking ke Perpustakaan Institut Teknologi (IT) Telkom Purwokerto. UHB memang secara aktif terus berupaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaannya, salah satu langkah strategis yang ditempuh untuk meningkatkan mutu Perpustakaan UHB adalah dengan melakukan benchmarking. Benchmarking di sini dapat diartikan sebagai kegiatan membandingkan standar internal terhadap standar institusi lain, sehingga dapat membantu untuk mengukur kinerja secara objektif dan mengidentifikasi area-area tertentu yang perlu perbaikan, benchmarking kali ini diyakini mampu membantu meningkatkan kualitas Perpustakaan UHB agar tetap relevan dan kompetitif khususnya dalam kiprahnya di dunia pendidikan tinggi yang dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan.

Pada benchmarking kali ini, UHB mengirimkan tim yang terdiri dari Salman Al Farizi, S.Hum. (Kepala Perpustakaan UHB), Mohammad Fathoni, S.Hum. (Staf Perpustakaan UHB), dan Shafira Nabila, S.H. (Staf LPM UHB). Tim pustakawan dari IT Telkom Purwokerto yang dipimpin oleh Yuliah Rachmawati, S.Hum. menyambut baik kedatangan tim dari UHB. Fokus utama benchmarking kali ini membahas tentang persiapan akreditasi perpustakaan perguruan tinggi. Pustakawan IT Telkom Purwokerto dan tim dari UHB banyak bertukar pikir, dan mengupas instrumen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi yang tertuang dalam Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 303 tahun 2022. Pustakawan IT Telkom Purwokerto banyak memberikan masukan sekaligus berbagi strategi profesional seputar langkah efektif persiapan akreditasi perpustakaan perguruan tinggi agar memperoleh hasil yang terbaik. Salah satu yang perlu digarisbawahi adalah “Jangan terpaku pada layanan yang belum bisa ditingkatkan, namun fokuslah untuk meningkatkan layanan yang memang bisa ditingkatkan, secara maksimal”. Tim Perpustakaan UHB banyak belajar tentang kiat-kiat memunculkan keunikan perpustakaan, konsistensi penyelenggaraan kelas literasi yang menarik dan berkelanjutan, serta memperkuat interaksi dengan pemustaka melalui pemberian apresiasi maupun menangani aspirasi.

Diskusi yang menarik tersebut berlangsung selama lebih dari 5 jam. Tidak sekadar berdiskusi saja, pada benchmarking  kali ini tim dari UHB tidak melewatkan kesempatan untuk berkeliling perpustakaan IT Telkom Purwokerto. dalam bangunan seluas 409 m2 tersebut Tim Perpustakaan UHB mencermati tata ruang, pelabelan koleksi, papan-papan informasi dan tata tertib, hingga aneka furnitur pendukung layanan. Yuliah Rachmawati, S.Hum didampingi ketiga pustakwan Perpustakaan IT Telkom Purwokerto menjelaskan secara terperinci tentang alur pelayanan terhadap pemustaka yang datang, pertimbangan dalam menentukan tata ruang, penyimpanan koleksi, hingga desain dan kustomisasi furnitur.

Terselenggaranya kegiatan benchmarking ini, diharapkan dapat memantik semangat Perpustakaan UHB untuk mengadopsi dan memodifikasi praktik-praktik terbaik yang telah diterapkan oleh perpustakaan IT Telkom Purwokerto. Catatan-catatan selama kunjungan juga akan menjadi salah satu bahan evaluasi dalam penyusunan rencana pengembangan perpustakaan UHB ke depannya. Semoga perpustakaan UHB dapat menyediakan layanan yang semakin inovatif dan lebih sistematis dalam mempersiapkan pengajuan akreditasi. Hubungan profesional antara Perpustakaan UHB dan Perpustakaan IT Telkom Purwokerto juga diharapkan senantiasa terjalin dengan baik sehingga dapat terus saling berbagi informasi untuk kemajuan perpustakaan perguruan tinggi, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan aksi kolaboratif yang atraktif di kemudian hari.