LPM | Universitas Harapan Bangsa

Biro Administrasi Akademik, Umum, dan Keuangan (BAAUK) serta Laboratorium Kesehatan UHB Melewati Tahapan Audit Lapangan dalam rangkaian AMNAI UHB TA. 2022/2023

Bagikan :

Salah satu tahapan dalam Audit Mutu Non Akademik Internal (AMNAI) adalah audit lapangan. Jumat, 30 Agustus 2024 menjadi hari ke-4 pelaksanaan audit lapangan dalam rangkaian AMNAI UHB TA. 2022/2023. Terdapat 2 unit kerja yang dijadwalkan untuk diaudit lapangan, yaitu Biro Administrasi Akademik, Umum, dan Keuangan (BAAUK) serta Laboratorium Kesehatan.

 

Audit sesi pertama ditujukan terhadap BAAUK. Audit kali ini berlangsung selama 3 jam, mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB. Auditor yang bertugas adalah Ns. Indri Heri Susanti, S.Kep., M.Kep., selaku ketua tim auditor dan didampingi Marlia Hafny Afrilies, S.H., M.H., selaku anggota auditor. Tim auditor dengan cermat dan teliti memeriksa kesesuaian antara operasional yang dikerjakan oleh BAAUK dengan standar yang telah ditetapkan oleh universitas. Terdapat beberapa temuan dari hasil audit lapangan terhadap BAAUK, seperti tentang perlunya penetapan penanggung jawab keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan UHB, penyediaan hidran, pemeliharaan dan penyimpanan file CCTV yang lebih sistematis, peremajaan sarana dan prasarana di kelas, dan dokumentasi pemeliharaan dan perawatan prasarana umum.

 

Temuan-temuan tersebut tertuang ke dalam 6 lembar Permintaan Tindakan Koreksi (PTK), yang dilengkapi dengan rencana tindakan koreksi serta target tanggal penyelesaiannya. Semoga BAAUK dapat menuntaskan setiap tindakan koreksi yang telah disepakati dan tentunya kualitas layanan yang diberikan oleh BAAUK menjadi lebih optimal.

 

Audit sesi kedua ditujukan terhadap Laboratorium Kesehatan, yang dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB. Berbeda dengan tim auditor yang ditugaskan ke BAAUK, kali ini yang bertugas mengaudit adalah Ida Dian Sukmawati. S.S., M.Pd., selaku ketua auditor dan Etika Dewi Cahyaningrum, S.ST., S,Kep., Ns., M.Kes., selaku anggota auditor.

 

Tim auditor yang bertugas bekerja sama dengan baik dan secara kolaboratif mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menilai apakah kinerja laboratorium kesehatan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan atau belum. Tim auditor banyak mengkritisi seputar layanan laboratorium terhadap pengguna laboratorium, dalam hal ini khususnya mahasiswa. Beberapa temuannya antara lain: perlunya jadwal ditempel di setiap ruangan laboratorium, perlunya penyesuaian antara jadwal pemeriksaan alat laboratorium dengan sop, dan perlunya penyesuaian kembali beberapa sop dengan realisasi pelaksanaannya. Ikit Netra Wirakhmi, S.ST., S,Kep., Ns., M.Kes., selaku Kepala Laboratorium Kesehatan mampu menangkap setiap pertanyaan dari auditor, dan menunjukkan bukti-bukti yang diperlukan untuk mendukung penjelasan yang disampaikan. Tim auditor juga banyak memberikan saran yang membangun dan aplikatif guna perbaikan mutu Laboratorium Kesehatan di masa mendatang. Semoga setiap rencana tindakan koreksi yang tertuang dalam lembar PTK dapat terimplementasi sebagaimana mestinya dan layanan yang disediakan oleh laboratorium kesehatan semakin berkualitas.